Peduli Kesehatan Masyarakat, PT. Solusi Bangun Indonesia Gelar Pengobatan Gratis Di Desa Merkawang

  • Jun 23, 2024
  • Merkawang
  • Kesehatan

Merkawang-Tambakboyo (19/06/2024) ; PT. Solusi Bangun Indonesia berupaya mengambil peran dan berkontribusi untuk masyarakat  melalui program peningkatan kesehatan Masyarakat, tahun 2024 ini SBI berupaya memperluas akses masyarakat di sekitar pabrik (ring 1 dan 2) untuk mendapatkan pelayanan medis dan layanan farmasi secara gratis.
 
Program peningkatan kesehatan masyarakat adalah salah satu bentuk tanggungjawab social dan lingkungan dari PT. Solusi Bangun Indonesia terhadap masyarakat di sekitar pabrik. Sebagai pelaksana program adalah Pusat Kegiatan Masyarakat (PKM) PT. SBI Tuban yang bekerjasama dengan UOBF Puskesmas.
 
Tahun 2024 ini Desa Merkawang mendapatkan kesempatan pertama mendapatkan program peningkatan kesehatan masyarakat (pengobatan dan pemeriksaan Kesehatan gratis), kegiatan dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Merkawang, pada Rabu 19/6/2024.
 
Antusiasme masyarakat desa Merkawang cukup tinggi, terbukti sejak kegiatan dibuka mulai pukul 08:00 hingga pukul 12:00 WIB masyarakat terus berdatangan untuk mendapatkan layanan Kesehatan.
 
Kekompakan yang terbangun antara Pemerintah Desa Merkawang, Comrel PT. SBI, PKM, Puskesmas Tambakboyo, bidan dan kader kesehatan terlihat saat memberikan pelayanan terhadap masyarakat, semua berperan pada tugasnya masing-masing dengan menerapkan konsep lima meja.
 
Konsep lima meja meliputi meja 1 untuk pendaftaran, pencatatan oleh kader kesehatan, meja 2 untuk pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut oleh kader kesehatan, meja 3 untuk pengukuran tekanan gula darah, kolesterol, asam urat oleh bidan desa, meja 4 untuk konseling, edukasi dan tindak lanjut lainnya oleh dokter Puskesmas Tambakboyo, Meja 5 untuk farmasi / pemberian obat oleh tenaga medis dari Puskesmas Tambakboyo.
 
Saat Tim Info Desa berkesempatan mewawancarai PIC pengobatan gratis PT. SBI Noor Afifah Putriany (Community Relations Officer) ia menjelaskan bahwa program pengobatan gratis tahun 2024 selain memberikan pelayanan permeriksaan kesehatan dan memberikan obat seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya ada tambahan skreaning penyakit tidak menular seperti pengecekan kadar gula darah,  kadar asam urat dan kadar kolestrol.
“Alhamdulillah tahun ini ada penambahan layanan yaitu pengecekan kadar gula darah,  kadar asam urat dan kadar kolestrol” jelasnya.
 
Lebih lanjut Ifa (biasa disapa) menjelaskan bahwa program peningkatan kesehatan masyarakat ini akan dilaksanakan di enam belas desa di sekitar lingkungan pabrik, yang berada di Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Kerek dan Kecamatan Jenu, tujuan dari program ini adalah untuk membantu masyarakat menjangkau pelayanan kesehatan secara gratis.
 
Pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini melibatkan Puskesmas terkait Puskesmas ring 1, Pemerintah Desa dan PKM (Pusat Kegiatan Masyarakat). “Semoga kolaborasi ini tetap berjalan dan tahun-tahun mendatang lebih ditingkatkan lagi” tutupnya.
 
Sementara dr.Triani (Kepala Puskesmas Tambakboyo) berterimaksih kepada SBI yang sudah menyelanggarakan pengobatan gratis yang di koordinasikan bersama dengan Puskesmas Tambakboyo dan beberapa program-program kesehatan lain juga yang dikoordinasikan dengan puskesmas, seperti pada saat pandemi covid 19, “Semoga kegiatan yang sudah terjalin ini bisa di tingkatkan untuk program-program prioritas kesehatan lainya, sehingga masyarakat semakin merasakan manfaat program-program dari PT. SBI.
 
Senada dengan dr.Triani, Kepala Desa Merkawang Ahmad Wahib Al Haitimi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang sudah hadir, tim medis dari Puskesmas Tambakboyo, Dokter Triani, bidan desa, serta kader kesehatan desa Merkawang yang sudah membantu penyelenggaraan pengobatan gratis.
 
“Melalui kegiatan ini, mudah-mudahan masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan sangat penting di tengah masih banyaknya keluhan dari masyarakat. Jika masyarakat sehat, maka akan melahirkan masyarakat yang produktif untuk membangun desa," papar Mas Gaguk.
 
“Terlebih kami sampaikan terimakasih kepada PT. SBI dan PKM yang sudah meberikan layanan kesehatan pengobatan gratis ini, semoga SBI semakin berkembang” Mas Gaguk mengahiri. (ar)