Pemerintah Kembali Salurakan Bantuan Pangan Beras Alokasi Bulan Pebruari 2024

  • Mar 09, 2024
  • Merkawang
  • Pemerintahan

Merkawang-Tambakboyo (8/3/2024) ; Menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H dan di tengah-tengah melonjaknya harga beras di pasaran, 136 keluarga pra sejahtera desa Merkawang merasa gembira karena mendaptkan bantuan beras satu sak atau setara 10 Kg, untuk alokasi bulan Pebruari 2024.

Satu minggu sebelunya Pemdes Merkawang mendapatkan informasi kalua Bantuan Pangan Beras dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) alokasi bulan Pebruari 2024 akan di droping oleh penyalur pada hari Kamis (7/3/2024) dan hari Jum’at (8/3/2024) harus dibagikan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bertempat di Pendopo balai Desa Merkawang, Jum’at Jum’at (8/3/2024) sekitar pukul 9.00 WIB Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berbondong-bondong hadir dengan membawa undangan dan di kumpulkan di meja depan atau tempat yang sudah disiapkan tim penyalur.

Hampir bersamaan dengan kehadiran KPM, datang petugas Juru Salur dari PT. YAT Tuban yang bertugas memverifikasi penerima bantuan pangan beras, iapun langsung menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk kelengkapan atau tanda terima penyaluran bantuan yaitu berkas SPJ antara lain Berita Acara Serah Terima (BAST) Penerima Bantuan Pangan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Penggantian Penerima Bantuan Pangan, BAST Penerima Bantuan Pangan Pengganti, dan BAST Penerima Bantuan Pangan yang diwakilkan.

Selanjutnya perangkat desa yang mendampingi penyaluran bantuan berkoordinasi dengan petugas juru salur guna memastikan persiapan sudah dianggap cukup, sekaligus juga menghimbau kepada KPM yang hadir untuk tertib dan mematuhi arahan dari petugas juru salur, sehingga acara penyaluran bantuan bisa segera di mulai.

Tak berselang lama Kepala Desa Merkawang masuk ke tempat kegiatan dan langsung duduk berdampingan dengan petugas juru salur, perangkat desa yang mendampingi kegiatan penyaluran bantuan panganpun segera membuka kegiatan.

Pada kegiatan tersebut dalam sambutanya kepala desa Merkawang (Ahmad Wahib Al haitimi, S.Pt.) menyampaikan pesan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan pangan beras satu sak atau setara 10 Kg per KPM ini, bisa membantu meringankan beban, bisa bermanfaat dan selalu bersyukur dengan apa yang sudah diterima.

Dalam penutup sambutanya Mas Inggi menghimbau agar warga masyarakat desa Merkawang bisa terus saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain, serta selalu menjaga kerukunan, tak lupa mas Inggi juga memohon do’a kepada seluruh warga masyarakat desa Merkawang agar kepala desa dan perangkat desa di beri kekuatan dan kesehatan sehingga bisa memberikan pengabdian dan pelayanan yang terbaik kepada seluruh Masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Kepala Desa Merkawang dan Petugas juru salur dari PT. YAI Tuban, dan di pilih dua orang laki-laki dan perempuan untuk mewakili menerima bantuan beras secara simbolis tersebut.

Pembagian bantuan pangan beras dilanjutkan dengan memanggil satu persatu KPM oleh Rasmijan (Kaur Perencanaan) sesuai dengan tumpukan undangan yang sudah dikumpulkan, setelah dipanggil KPM maju kedepan untuk di verifikasi dokumenya baik KTP Elektronik ataupun Kartu Keluarga (KK) dan di scan bakode pada lampiran SPJ serta di foto melalui system android.

Penyaluran Bantuan Pangan Beras berjalan dengan lancar tanpa ada kendala satupun. (ar)

 

Info Desa juga bisa di akses di chanel Youtube Pemdes Merkawang : Penyaluran Bantuan Pangan Beras Alokasi Pebruari 2024