Kopwan Bina Sejahtera Gelar RAT Tutup Buku Tahun 2023

  • Mar 02, 2024
  • Merkawang
  • Sosial dan Budaya

Merkawang-Tambakboyo (29/2/2024), Bertempat di Pendopo Balai Desa Merkawang (29/02/2024), Koperasi Wanita (Kopwan) “Bina Sejahtera” Desa Merkawang menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku 2023.

Tepat pukul 14.00 WIB dua pejabat dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Tuban hadir di tempat kegiatan yaitu di Pendopo Balai Desa Merkawang.

Selain di hadiri pejabat dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Tuban, hadir pula Kepala Desa Merkawang sekaligus sebagai penasehat Kopwan Bina Sejahtera, dan Ketua TP. PKK Desa Merkawang sekaligus juga sebagai pengawas Kopwan Bina Sejahtera.

Rangkaian acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Wanita “Bina Sejahtera” Desa Merkawang Tutup Buku Tahun 2023 dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, ada acara pendahuluan dan acara pokok.

Acara di buka oleh pengurus Kopwan Bina Sejahtera, dilanjutkan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Koperasi. Ketua Kopwan Bina Sejahtera Muhimah mendapatkan kesempatan pertama untuk memberikan sambutan.

Dalam sambutanya Muhimah menyampaikan agar seluruh anggota selalu aktif mengangsur setiap bulanya tanggal Sembilan.” Kami mohon ibu-ibu tetap aktif setiap tanggal sembilan dan jangan lupa untuk mengangsur, jangan menunggu halo (informasi) dari pak Jan”.

“Semoga Kopwan Bina Sejahtera semakin maju, semakin melangkah kedepan, semakin kokoh tak tertandingi, Amin Allahumma Amiin…., Tuup Muhimah dalam sambutanya.

Kemudian Kepala Desa Merkawang Ahmad Wahib Al Haitimi mendapatkan giliran sambutan yang kedua, dan dalam sambutanya Mas Inggi memberikan Apresiasi kepada pengurus Koperasi Wanita Bina Sejahtera yang sudah bisa melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku 2023 lebih awal dari Kopwan-Kopwan yang lain di wilayah Kecamatan Tambakboyo.

“Kami akan berkomitmen akan selalu membantu sebisa mungkin sesuai kapasitas kami” terang Kades muda ini, karena mengangap bahwa koperasi wanita Bina Sejahtera sudah menjadi salah satu wadah yang mampu memfasilitasi segala persolan yang dihadapi perempuan yang dapat di manfaatkan untuk peluang ekonomi. Dengan demikian para perempuan akan dapat membantu para suami untuk menambah penghasilan guna untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga mereka.

Senada dengan Kepala Desa Merkawang, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Tuban, yang di wakili oleh Dav Nugroho juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus, pengawas, anggota dan tak lupa kepada kepala desa Merkawang sekaligus sebagai penasehat,  yang sudah meleksanakan rapat anggota tahunan tepat waktu.

“Saya lihat laporan pertanggungjawabannya sudah bagus, asetnya seratus empat puluh juta dengan perkembanganya setiap tahunya naik”, Dav Nugroho menyampaikan.

Beliau melanjutkan “perkembangan asset yang dulunya seratus tiga puluh lima juta dan sekarang menjadi serratus empat puluh juta ini kalua tidak ada kerja sama yang baik antara anggota, pengurus maupun pengawas tidak akan berjalan”, tambahnya.

Sebelum dilanjutkan acara pokok rapat anggota tahunan (RAT) tutup buku tahun 2023 di tutup dengan do’a oleh Hj. Nur Kholisoh (bendahara)

Selanjutnya acara pokok di pimpin oleh pejabat dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Tuban Thoyib.

Rapat Anggota Tahunan merupakan pemegang kekuasaan tertinggi yang wajib dilaksanakan sebagai prinsip pengelolaan dalam koperasi secara demokratis, dengan dilaksanakannya RAT akan menciptakan manajemen koperasi menjadi lebih sehat dan berkualitas.

Pada RAT Tutup Buku Tahun 2023 ini juga di berikan doorprize kepada 3 orang anggota teraktif baik tingkat kehadiranya pada pertemuan satu bulan sekali maupun aktif mengangsur.
Semoga melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) akan didapatkan semangat yang lebih besar dan lebih profesional bagi seluruh perangkat organisasi koperasi, sehingga koperasi semakin kuat, mandiri dan berdaya saing.

Selamat dan Sukses atas terselenggaranya RAT Tutup Buku Tahun 2023, semoga menjadi pemicu gerakan koperasi di Desa Merkawang dengan memicu semangat gotong royong antar pengurus, pengawas dan anggota untuk mensejahterahkan koperasi. (ar)

LPJ bisa di lihat : LPJ RAT Kopwan Bina Sejahtera 2023

Foto kegiatan RAT : Foto RAT 2023

Berita juga bisa di akses di chanel youtub Pemdes Merkawang : Kopwan Bina Sejahtera Selenggarakan RAT Tutup Buku Tahun 2023