Menjelang Ramadhan 1445 H Anak-Anak Usia Sekolah Desa Merkawang Terima Beasiswa GOTA dari PT. SBI Pabrik Tuban

  • Mar 10, 2024
  • Merkawang
  • Pendidikan, Sosial dan Budaya

Merkawang-Tambakboyo (8/3/2024) ; PT. SBI Pabrik Tuban menggelar penyerahan beasiswa GOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) periode II/2023 yang berlangsung di Pendopo Balai Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban, Penyerahan beasiswa GOTA dilaksanakan pada Jum’at (8/3/2024), menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H/2024.

Kegiatan penyerahan beasiswa GOTA di awali dengan safety pause yang di sampaikan oleh Rian Kusuma Wardhanai (Community Relation Officer) tentang Perilaku Hidup Sehat (PHBS), PHBS adalah sebuah gerakan yang dilakukan dengan menjaga kebersihan serta kesehatan tubuh maupun lingkungan sekitar. Perilaku hidup sehat ini dapat diterapkan di mana saja, mulai dari rumah, sekolah, lingkungan kerja, hingga tempat umum.

Tujuan PHBS adalah untuk meningkatkan kualitas hidup melalui kegiatan yang berlandaskan atas kesadaran diri sendiri. Selain menjaga kualitas hidup diri sendiri, PHBS juga bertujuan untuk melindungi kesehatan orang terdekat serta melestarikan lingkungan sekitar.

Pada kesempatan tersebut Rian juga menghimbau kepada anak-anak untuk selalu berhati-hati saat ngabuburit atau saat sedang berburu takjil, “Adik-adik saya mohon untuk berhati-hati baik saat pergi atau pulang, pelan-pelan saat berkendara tidak perlu terburu-buru, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas”.

Sementara itu Kusno Hartoyo (Community Relations Coordinator) mewakili management sekaligus mewakili orang tua asuh SBI pabrik Tuban, menjelaskan bahwa program bantuan beasiswa Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) ini sudah berjalan atau sudah dilaksanakan kurang lebih sepuluh tahun.

“Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat kepada adik-adiku sekalian, harapan kami mewakili teman-teman karyawan sedikit yang bisa kami sisihkan untuk adik-adik ini bisa membantu biaya sekolah”, Kusno berpesan.

Tak lupa Kusno juga menyampaikan informasi sekaligus meminta ijin kepada Pemerintah Desa terkait kegiatan pemasangan Belt Conveyor Pabrik Semen PT. SBI di atas jalan Raya Semarang-Tuban yang dilaksanakan pada Sabtu (9/3/2024), mulai pukul 7 pagi sampai pukul 3 sore.

Kusno juga menghimbau kepada warga Masyarakat Desa Merkawang dan sekitarnya khususnya yang hadir pada kegiatan penyerahan GOTA untuk selalu berhati-hati pada saat bermain atau ngabuburit di Jalan Kembar PT. SBI Tuban, karena pengerjaan projek Belt Conveyor masih berlangsung.

“Sebaiknya pada hari kerja di hindari dulu untuk bermain di area jalan kembar PT. SBI,  atau sebaiknya memilih bermain pada saat hari libur saja, karena pada hari libur tidak ada aktifitas projek” Kusno menghimbau.

Sementara itu ucapan terimakasih yang tak terhingga di sampaiakan Mas Gaguk (Kepala Desa Merkawang) atas hadirnya program GOTA yang di inisiasi murni oleh karyawan PT. SBI dan sudah berjalan sepuluh tahun ini. Semoga kolaborasi yang sudah di bangun selama ini akan tetap terjaga dengan baik khususnya kepedulian di bidang pendidikan dengan memberikan bantuan beasiswa yang diterimakan enam bulan sekali. Do’a terbaik semoga para orang tua asuh ataupun teman-teman yang sudah membantu terselenggaranya program ini di berikan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Pembagian beasiswa GOTA PT. SBI untuk desa Merkawang periode II tahun 2023 ini di berikan kepada enam puluh enam anak dari tingkat SD sampai SLTA, pembagian di pandu oleh Comrel PT. SBI dan PKM.

Program GOTA ini adalah salah satu pilar tanggung jawab social dan lingkungan PT. Solusi Bangun Indonesia Pabrik Tuban. Program GOTA merupakan wujud kepedulian dari karyawan PT. SBI Pabrik Tuban dalam bidan pendidikan bagi anak sekolah di sekitar Pabrik Tuban. Program pemberian beasiswa di berikan bagi anak-anak sekolah dari tingkat SD sederajat, SMP sederajat dan SLTA dari keluarga kurang mapu. (ar)

Berita juga bisa di akses pada chanel Youtube Pemdes Merkawang : Penyerahan Beasiswa GOTA PT. SBI