Warga POS Tiga Antusias Mengikuti Pelayanan POSBINDU-PTM

  • Jan 09, 2024
  • Merkawang
  • Kesehatan

Merkawang-Tambakboyo (13/6/2023), Pada Selasa Kliwon 13/06/2023 bertempat di POS 3, Kader Kesehatan/kader lansia Desa Merkawang melaksanakan Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU-PTM).

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Kegiatan Posbindu-PTM Pos 3 Desa Merkawang di laksanakan satu bulan sekali, diikuti warga Rt 02 Rw 02, Rt 03 Rw 02 dan Rt 05 Rw 02.

Saat tim info desa tiba di lokasi, warga masyarakat di sekitar sudah banyak yang datang untuk mendapatkan pelayanan Kesehatan dari petugas.

Kader kesehatan dengan cekatan dan ramah memberikan pelayanan kepada warga mulai dari pendaftaran, penimbangan, pemeriksaan, penyuluhan, pemberian obat dan PMT.

Nampak kader lansia Umiatun Afifah  sebagai pendaftar dan penimbangan mempersilahkan warga yang baru datang untuk mengukur berat badan, “Monggo mbah kulo timbang rumiyen” Fifah mempersilahkan.

Setelah di daftar dan di ukur berat badan warga di persilahkan duduk dan antri menunggu giliran di panggil kader Andri Zulia Safitri untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kolestrol.

Selesai pemeriksaan warga di persilahkan bergeser ke meja petugas Kesehatan Zulfatun Nisa’ untuk mendapatkan obat dan PMT.

Selain itu kader lansia bersama petugas kesehatan juga memberikan penyuluhan (konseling dan edukasi) tentang pola hidup sehat, olahraga rutin, tentang penyakit hipertensi (darah tinggi) dan diabet (kencing manis).

Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.

Antusias yang sangat tinggi dari masyarakat POS 3 Desa Merkawang hingga akhir acara tercatat 53 warga yang meluangkan waktunya hadir dalam cek kesehatan pada hari ini. (ar)