PPS Desa Merkawang Menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP DPS Pemilihan Umum 2024

  • Jan 08, 2024
  • Merkawang
  • Pemerintahan

Merkawang-Tambakboyo (8/5/2023), Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPS Pemilihan Umum Tahun 2024 tingkat Kelurahan/Desa Merkawang pada pada Senin Wage, 8 Mei 2023 pukul 14.00 WIB.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPS Pemilihan Umum Tahun 2024 Desa Merkawang dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Merkawang di hadiri Kepala Desa Merkawang, Perangkat Desa, Sekretariat PPS, PKD Desa Merkawang, Ketua RT/RW serta pengurus ranting Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2024.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPS Pemilihan Umum Tahun 2024 dipimpin langsung oleh ketua PPS Desa Merkawang Ahmad Ta’in. Dalam sambutanya Ta’in menjelaskan bahwa Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPS yang selanjutnya disingkat DPHP  DPS adalah DPS yang telah diperbaiki berdasarkan masukan dan tanggapan masyarakat dan/atau Peserta Pemilu sejak di umumkan, masukan dan tanggapan masyarakat disampaikan kepada PPS dengan menunjukkan dan menyerahkan salinan KTP-el atau KK dari Pemilih yang informasinya diusulkan untuk diperbaiki, serta mengisi formulir Model A-Tanggapan.

Beberapa masukan dan tanggapan dari masyarakat adalah terkait dengan pemilih yang meninggal dunia, karena pada saat pengumuman DPS ada beberapa pemilih yang meninggal dunia, selanjutnya PPS melalukan perbaikan data dan merekap pemilih yang meninggal dunia tersebut sebagai pemilih tidak memenuhi syarat. “Dan pada hari ini kami PPS Desa Merkawang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPS, apabila nanti pada saat pembacaan DPHP DPS terdapat kekeliruan terhadap proses dan hasil rekapitulasi, mohon kiranya masukan dan tanggapan dari peserta rapat pleno”. Demikian Ahmad Ta’in menjelaskan.

Sementara Kepala Desa Merkawang yang dalam hal ini di wakili oleh Abdul Kifli (Kaur Umum) menyampiakan permohonan maaf karena bapak kepala desa tidak bisa hadir pada rapat pleno terbuka ini karena ada kegiatan lain yang tidak bisa di wakilkan. “Mohon maaf karena bapak kepala ada kegiatan yang tidak bisa di wakilkan sehingga kegiatan rapat pleno ini mewakilkan kepada saya”.

Bayan RC (sapaan akrabnya) menyampaikan terimakasih kepada PPS Desa Merkawang sebagai penyelenggara Pemilihan Umum tahun 2024 yang sudah melaksanakan tahap demi tahap pelaksanaan pemilu ini, sehingga pada hari ini sudah memasuki tahap rekapitulasi DPHP DPS. Bayan RC juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta rapat baik dari teman-teman perangkat, ketua RT dan RW serta perwakilan dari peserta pemilu yang sudah hadir mengikuti rapat pleno terbuka ini.

Acara berikutnya adalah pembacaan hasil rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan DPS dan Berita Acara Pemilihan Umum Tahun 2024 yang di buka oleh ketua PPS Desa Merkawang Ahmad Ta’in. “Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPS Pemilihan Umum Tahun 2024 resmi kami buka”. Sambal mengetuk mik tiga kali.

Selanjutnya pembacaan rincian data per TPS dalam lampiran dokumen Berita Acara rekapitulasi oleh anggota PPS divisi data Firma Abdul Basith Noor. Setelah rincian data per TPS dibacakan selanjutnya di mintakan masukan atau tanggapan dari peserta rapat.

Bebarapa pertanyaan yang muncul dari perwakilan partai politik peserat pemilu terkait dengan istilah-istilah seperti pemilih tidak memenuhi syarat, pemilih yang bekerja di luar negeri serta pemilih potensial non ktp elektronik. Ta’in dan Firma bergantian menjawab beberapa pertanyaan secara detail dan gamblang sehingga bisa di pahami oleh peserta rapat.

Selanjutnya hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan DPS tingkat Desa Merkawang di tuangkan dalam Berita Acara nomor 021/PP.05.1 BA/35.23.06.2017/2023, kemudaian dilakukan penanda tanganan berita acara oleh PPS desa Merkawang dan penyerahan salinan berita acara kepada Kepala Desa Merkawang, PKD (Muhammad Ibham Yumna Nor) serta kepada pengurus ranting partai politik peserta Pemilu 2024 secara bergantian.

Akhirnya seluruh rangkaian rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPS Pemilihan Umum Tahun 2024 selesai dan ditutup oleh ketua PPS Desa Merkawang Ahmad Ta'in. (ar)