Pemerintah Kembali Salurkan Bantuan Pangan Beras Tahap Ke-3

  • Jan 09, 2024
  • Merkawang
  • Pemerintahan, Sosial dan Budaya

Merkawang-Tambakboyo (30/5/2023), Belum genap satu bulan pemerintah kembali mendistribusikan bantuan pangan beras melalui Perum Bulog Wire pada Selasa (30/05/2023) sekitar pukul 15.00 WIB. Beras bantuan 239 sak atau setara 2.390 Kg di kirim menggunakan truck dengan Nopol P 8138 H dengan petugas pengiriman adalah Joko.

Tiga puluh menit sebelumnya petugas PT. POS Indonesia Kantor Cabang Tambakboyo M. Chodlori menyampaikan kabar melalui pesan whatsapp kepada Kepala Dusun Kademanagan Abdul Rozak, bahwa hari ini beras bantuan akan di dikirim ke balai Desa Merkawang, namun sebelum ke merkawang petugas penyalur menurunkan beras ke balai Desa Glondonggede terlebih dahulu, karena memang Merkawang dan Glondonggede bertetangga dan satu jalur.

Sekitar pukul 09.00 WIB, pada Rabu (31/05/2023) masyarakat sudah banyak yang berdatangan untuk mengumpulkan undangan pengambilan/penyaluran bantuan pangan beras, meskipun sebenarnya jadwal yang sudah di tentukan dari PT. POS Indonesia Kantor Cabang Tambakboyo pada pukul 11.00 sampai dengan pukul 13. 30 WIB.

Mereka berharap apabila pengumpulan undangan pengambilan beras bantuan lebih pagi sebelum jadwal yang tertera di undangan, maka akan dapat antrian pemanggilan pembagian lebih awal.

Akhirnya petugas dari PT. POS Indonesia pun datang sekitar pukul 11. 15 WIB, mereka bertiga langsung menyiapkan keperluan seperti dokumen SPJ penyaluran yang menggunakan kode batang di meja depan yang sudah di siapkan oleh perangkat desa.

Kegiatan penyaluran bantuan pangan beras tahap ke-3 di buka oleh kepala dusun Kademangan Abdul Rozak “Bapak/Ibu mari kita buka kegiatan ini dengan membaca surat Al Fatihah semoga kegiatan berjalan dengan lancar, dan beras bantuan yang di terima ini dapat bermanfaat”.

Pemanggilan secara urut berdasarkan pengumpulan undangan oleh keluarga penerima manfaat penerima bantuan beras pun di lakukan oleh Rasmijan (Kaur Perencanaan dan Pembangunan) Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban.

Kegiatan penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk bantuan pangan beras tahun 2023 merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan pangan khususnya kepada masyarakat berpendapatan rendah. Melibatkan Badan Pangan Nasional, Perum Bulog, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, dan PT. Pos Indonesia penyaluran bantuan ini diharapkan bisa berjalan lancar dan tepat sasaran.

Perlu di ketahui bahwa keluarga penerima manfaat di Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban penerima bantuan pangan beras tahap ke-3 ini berjumlah 239 orang, sama persis dengan KPM tahap ke-1 dan 2. (ar)