Pemdes Merkawang Salurkan BLT-DD Empat Bulan Sekaligus

  • May 01, 2024
  • Merkawang
  • Pemerintahan

Merkawang-Tambakboyo (30/4/2024) ; Bertempat di Pendopo Balai Desa Merkawang, Senin, 30/4/2024 (9.00 WIB) Pemerintah Desa Merkawang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) empat bulan sekaligus periode bulan Januari, Februari, Maret, April 2024.

Penetapan KPM BLT-DD tahun 2024 sejumlah tiga puluh dua KPM di dasarkan pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2023 tentang Rincian Prioritas Penggunaan Dana Desa, juga Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2023 tentang Petunjuk Operasional Atas Fokus Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 dan Berita Acara Hasil Musyawarah Desa tentang Validasi, Finalisasi, dan Penetapan Data KK Calon Penerima BLT-DD Desa MERKAWANG  Tahun 2024 Nomor 10/BA.BPD.414.406.10/XII/ 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekcam Tambakboyo (Wachid Nurfinnahar) dan Kasi PMD (Suharsono), dalam kesempatan tersebut Mas Sekcam menyampaikan salam dari Bupati Tuban (Aditya Halindra Faridzki) “yang pertama-tama kami menyampaikan salam dari Mas Bupati Tuban (Mas Lindra) kepada panjenengan semua, semoga panjenengan dalam keadaan sehat walafiat, Bahagia dan tidak kurang apapun”.

“Bapak/ibu kenal Mas Lindra geh”, tanya Mas Sekcam, “kenal pak”, seluruh KPM kompak menjawab, “ganteng geh, kalah jauh sekcam sama bupatinya” kelakarnya.

Sekcam Tambakboyo menambahkan bahwa program bantuan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) adalah program percepatan kemiskinan bagi masyarakat yang ada di desa.

Sementara itu sekteris desa Merkawang (Arifin) Merkawang yang mewakili Kepala Desa Merkawang berpesan supaya uang bantuan ini di gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, jangan di gunakan untuk membeli hal-hal yang tidak penting. “Pergunakan uang bantuan ini untuk kebutuhan pokok sehari-hari, seperti membeli beras, lauk pauk dan jangan di gunkan membeli barang yang tidak penting”, pesannya.

Kegiatan di lanjutkan dengan penyerahan secara simbolis yang diwakili tiga orang yang di panggil untuk maju kedepan, kemudian secara bergantian Sekcam Tambakboyo, Kepala Desa Merkawang, Kasi PMD menyerahkan uang dan plakat kepada KPM.

Adapun Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) 20224 ini di salurkan kepada tiga puluh dua keluarga penerima manfaat (KPM) dengan rincian tiga ratus ribu rupiah per bulan, untuk penyaluran periode ini di salurkan empat tahap sekaligus yaitu sebesar Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah untuk satu KPM.

Setelah penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) 20224 selanjutnya bantuan BLT-DD di bagikan secara urut berdasarkan kehadiran yang di pandu oleh teman-teman BPD Desa Merkawang. (ar)