Pelaksanaan Sub PIN Polio Tahap 1 Di Desa Merkawang

  • Jan 21, 2024
  • Merkawang
  • Kesehatan

Merkawang-Tambakboyo; Sekitar pukul 07.30 pada Jum’at, 19 Januari 2024 (wib) saat tim info desa datang ke lokasi kegiatan Pekan Imunisasi Nasional Polio (PIN Polio), terlihat para kader dengan cekatan menyiapkan peralatan-peralatan yang di perlukan seperti menyiapakan meja pendaftaran, meja pos 1, meja pos 2 meja pos 3 dan meja untuk vaksin Polio.

Sebagian kader posyandu juga ada yang menyiapkan peralatan seperti alat ukur tinggi badan, alat ukur berat badan serta alat ukur Panjang badan untuk masing-masing pos, selain itu juga di siapkan makanan tambahan untuk balita.

Jarum jam yang menempel di dinding balai desa menunjukan pukul 08.00 wib para ibu-ibu yang menggendong balitanya terlihat berbondong-bondong masuk ke pos pelaksanaan vaksin polio, ada yang di damping suaminya ada juga yang didampingi keluarganya.

Pelaksanaan vaksin polio untuk 3 pos ini di laksanakan secara serentak di Balai Desa Merkawang,

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di buka secara resmi oleh Kepala Desa Merkawang (Ahmad Wahib Al Haitimi, S.Pt) di damping Bidan Desa (Siti Imatul Nikmah, S.Keb) dan Kusno Hartoyo (Comrel PT. SBI Tuban)

Dalam sambutanya Mas Gaguk (Kades Merkawang) mengapresiasi kesadaran dari ibu-ibu balita yang sudah bersedia mengantarkan putra-putrinya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan Vaksin Polio. “terimakasih saya sampaikan kepada ibu-ibu yang sudah bersedia mengantarkan putra-putrinya ke posyandu untuk mendapatkan layanan kesehatan dan Vaksin Polio”, tuturnya.

Mas gaguk menambahkan bahwa pemberian vaksin Polio ini di berikan 2 tahap, sehingga harapanya nanti seluruh anak-anak desa merkawang semua harus mendapatkan vaksin Polio baik tahap 1 maupun tahap 2.

Sementara itu Bidan Desa Merkawang menyampaikan bahwa hari ini (red: Jum’at, 19 Januari 2024) Desa Merkawang melaksanakan kegiatan pemberian vaksin polio dengan kegiatan Sub PIN Polio Putaran Pertama.

Pelaksanaan Sub PIN Polio ini dilaksanakan dalam rangka mencegah penularan penyakit polio, “apakah ibu-ibu tahu apa penyakit polio itu?” Ima (bidan desa) melontarkan pertanyaan kepada ibu balita dan para kader posyandu.

Sebagian peserta menjawab “lumpuh…”, “betul sekali” bidan desa membenarkan, kemudian Ima menambahkan bahwa penyakit polio itu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menular. Paparan virus ini memicu cedera saraf yang berisiko menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, hingga kematian.

Kepala Desa Merkawang yang di damping Bidan Desa (Siti Imatul Nikmah) dan Comrel PT. SBI (Kusno hartoyo) berkesempatan pertama memberikan vaksin polio kepada anak-anak.

Setelah seremonial dilaksanakan kegiatan Sub PIN Polio di desa merkawang di lanjutkan kegiatan seperti halnya di laksanakan posyandu masing-masing dan terahir pemberian vaksin Polio.

Dari hasil kegiatan Sub PIN Polio Desa Merkawang yang diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut, dimana dua hari sebelumnya pemberian vaksin polio di lembaga-lembaga sekolah dan pada hari Jum’at 19 Januari bertempat di Balai Desa Merkawang, diperoleh data sebagai berikut :

No.

Pos/Lembaga

Jumlah

Keterangan

1

Pos 1

36

 

2

Pos 2

46

 

3

Pos 3

49

 

4

SDN Merkawang

20

 

5

Darul Ulum

127

 

6

Daffodil Mumtazqu

62

 

7

Prospektif

153

 

8

Luar Desa

13

 

 

Jumlah

506

 

 

(ar)