Pasangan Usia Subur (PUS) Antusias Mengikuti Penyuluhan KB

  • Jan 09, 2024
  • Merkawang
  • Kesehatan

Merkawang-Tambakboyo (26/6/2023); Bertempat di Poskesdes Desa Merkawang Nampak ibu-ibu muda sambal lesehan menggendong batitanya mengikuti penyuluhan KB yang di adakan oleh Puskesmas Tambakboyo.

Penyuluhan KB yang di hadiri sekitar 20 peserta ini dilaksanakan pada Senin 26/06/2023 sekitar pukul 09.00, hadir pada kegiatan bidan dari Puskesmas Tambakboyo sekaligus sebagai narasumber, bidan desa dan kader Kesehatan.

Saat tim info desa tiba di lokasi terlihat beberapa ibu muda menggendong bayinya keluar ruangan, mungkin waktunya tidur sehingga sedikit agak rewel.

Terdengar jelas narasumber dari Puskesmas Tambakboyo menyampaikan pengertian dan pemahaman tentang KB. Penyuluhan dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang keunggulan/kelemahan dari masing-masing jenis alat/obat kontrasepsi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesertaan ber KB bagi PUS (Pasangan Usia Subur).

KB atau singkatan dari Keluarga Berencana merupakan suatu program pemerintah Indonesia sejak tahun 1970 yang bertujuan untuk membatasi jumlah kelahiran guna menciptakan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Adapun tujuan umum dari perencanaan KB adalah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya bagi ibu dan anak serta mengendalikan pertambahan penduduk suatu negara sesuai dengan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) yaitu dengan jalan mengendalikan jumlah kelahiran.

Sedangkan tujuan khusus dari program tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan suatu keluarga yaitu dengan jalan penjarangan angka kelahiran atau jumlah kelahiran bayi yaitu dengan jalan menggalakkan pemakaian alat kontrasepsi. Hingga saat ini program KB yang dicanangkan memberikan manfaat yang besar. beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menurunkan resiko terjangkitnya kanker rahim dan kanker servik
  2. Menurunkan angka kematian maternal serta peningkatan IPM
  3. Menghindari kehamilan yang tidak diinginkan
  4. Dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak
  5. Mencegah penularan penyakit berbahaya
  6. Lebih menjamin tumbuh kembang bayi dan anak
  7. Dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga
  8. Pendidikan anak lebih terjamin
  9. Dapat menentukan kualitas sebuah keluarga

Namun diantara banyak manfaat yang diberikan oleh progarm ini, masih banyak kendala yang perlu diatasi dalam pelaksanaannya, seperti masih sempitnya pemahaman masyarakat tentang progarm ini, baik dari masyarakat sendiri, para tokoh agama, maupun tokoh masyarakat. Masih dianggap sesuatu yang tabu, karena pelaksanaannya harus dengan membuka aurat, Masih adanya persepsi bahwa kematian ibu dan anak pada saat proses kelahiran adalah mati sahid serta anggapan bahwa banyak anak akan membawa banyak rezeki bagi keluarga.

Narasumber juga menyampaikan pemahaman tentang jenis-jenis KB, ada KB alamai dan KB non alamai. KB alami seperti KB kalender, yaitu tidak melakukan hubungan seksual saat masa subur, sedangkan KB bukan alami (jangka pendek) seperti Kondom, PIL, Suntik.

Untuk metode kontrasepsi jangka Panjang "Alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) juga merupakan alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda, menjarangkan kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang, yang meliputi IUD (intra uterine device), implant (susuk KB) dan kontap (kontrasepsi mantap).

Sesi ahir dari penyuluhan KB di Desa Merkawang adalah tanya jawab, beberapa pertanyaan dari peserta yaitu menanyakan tentang apakah KB boleh digunakan untuk ibu menyususi, kemudian narasumber langsung menjawab bahwa ibu menyusui boleh melakukan KB tetapi tidak menggunakan hormon.

Pertanyaan lainya adalah terkait dengan apakah ada rasa nyeri atau terganjal saat berhubungan seksual dengan penggunaan IUD, kemudian narasumber menjawab bahwa pada beberapa orang mungkin mengalami rasa nyeri dan terganganjal, akan tetapi harus dilakukan observasi lanjutan untuk mengurangi rasa yang di timbulkan.

Penyuluhan KB yang diikuti 20 peserta dan didampingi oleh kader Kesehatan desa merkawang ini berjalan degan lancar. (ar)