Diskominfo-SP Tuban Selenggarakan Bimbingan Teknis Penguatan Peran KIM Kecamatan Tambakboyo

  • Jan 08, 2024
  • Merkawang
  • Pernak-Pernik Desa

Tambakboyo (2/3/2023), Sebagai upaya meningkatkan dan penguatan peran Kelompok Informasi masyarakat Desa di wilayah Kecamatan Tambakboyo, Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian menggelar bimbingan teknis tentang penguatan peran terkait pengelolaan website dan pembuatan konten media social.

Bimtek di ikuti oleh KIM Desa se Kecamatan Tambakboyo, yang masing-masing di wakili dua orang pengelola KIM Desa dan Pengurus KIM Kecamatan sebanyak 11 orang.

Bimtek di buka oleh camat Tambakboyo Ari Wibowo Waspodo, S.STP, dan dalam sambutanya beliau berpesan kepada pengurus KIM Desa untuk mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh karena akan sangat besar manfaatnya bagi keberadaan desa.

Camat termuda ini menyampaikan besar manfaatnya apabila KIM Desa mampu mengelola website desa dan media social yang di miliki desa, yaitu untuk mempublikasikan keberadaan desa ke dunia luar, sehingga mudah untuk diketahui banyak orang, menginformasikan profil dan potensi desa, mempermudah masyarakat luas untuk memperoleh informasi mengenai desa sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, menjadi wadah dokumentasi segala kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat desa, mempromosikan produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh masyarakat desa.

Sebagai penutup sambutanya camat yang enerjik dan mempunyai senyuman yang khas ini menegaskan bahwa pemerintah desa wajib menginformasikan berbagai hal kegiatan yang ada di desa sehingga dapat memproteksi stigma negative masyarakat desa terkait pengelolaan pemerintahaan desa.

Peserta bimtek sangat antusias mengikuti pelatihan sampai ahir yang di berikan oleh empat narasumber dari Diskominfo SP Kabupaten Tuban dan satu narasumber dari Komisi Dua DPRD Kabupaten Tuban.

Beberapa materi yang di pelajari adalah tentang Jurnalistik, Videografy dan Desain Grafis. (ar)