Desa Merkawang Menjadi Pilot Project Program PESIAR

  • Jan 12, 2024
  • Merkawang
  • Kesehatan

Merkawang – Tambakboyo (12/9/2023); Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo menjadi desa percontohan (Pilot Project) dari 311 desa di Kabupaten Tuban dengan Program PESIAR.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur karena desa Merkawang menjadi desa yang pertamakali di tunjuk menjadi pilot project oleh Pemerintah Kabupaten Tuban, Dinas Sosial, P3A serta PMD untuk berkolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bojonegoro menyelenggarakan Program PESIAR”, ungkap Mas Gaguk (Kepala Desa Merkawang).

Pernyataan itu disampaikannya pada peluncuran dan pembekalan program  Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) oleh BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro  pada Selasa 12/09/2023 (10.00) di Pendopo Balai Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban

Ia menjelaskan sebagai desa percontohan tersebut beliau mengajak kepada semua yang terlibat, mulai dari perangkat desa, ketua Rt dan Rw, BPD, tim pendata DTKS, PKK, Bidan Desa untuk menyukseskan Program PESIAR  guna mengajak seluruh Masyarakat untuk menjadi peserta JKN sehingga akan terjamin kesehatannya.

Mas gaguk berharap dengan adanya Program PESIAR ini seluruh masyarakat di desa Merkawang ini dapat terjamin kesehatannya dan selain itu juga dapat meningkatkan derajat kesehatan melalui upaya preventif.

Senada dengan kades Merkawang  Muharti dari Dinas Sosial P3A serta PMD juga mengatakan bahwa program PESIAR ini baru pertama kali diluncurkan oleh BPJS Kesehatan di Desa Merkawang, dan menjadi pilot project, ia berharap program ini akan di imbaskan ke desa-desa yang lain di seluruh kabupaten Tuban.

Sementara direktur BPJS Kesehatan cabang Bojonegoro yang di wakili oleh Bambang mengatakan program PESIAR ini di luncurkan guna mewujudkan cakupan perlindungan kepesertaan JKN minimal 98 % penduduk sebagai peserta JKN sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2024.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pembekalan PESIAR oleh  Ida dari BPJS Kesehatan cabang Bojonegoro dan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab.

Peserta pembekalan sangat antusias sekali mengikuti kegiatan sampai selesai. (ar)