Sejarah Desa

  1. Legenda / Asal-usul Desa :

Asal usul Desa Merkawang

Dari sebuah legenda , ada Leleki Tua yang sedang berkelana, tiba-tiba Lelaki tersebut menebang sebuah pohon dengan kapak tempat Dia istirahat.

Kisah menyebutkan bahwa pohon yang ditebang dengan kapak oleh Lelaki tersebut, dari serpihan kayu (tatal) yang terpental jatuh disemak-semak (grumbul) disekitar pohon tersebut menimbulkan suara seperti benda padat jatuh ke air, Lelaki tersebut mencari dari mana asal suara tadi, setelah dicari ternyata suara tersebut berasal dari semak-semak (grumbul).

Dari pencarian dimana tempat suara tadi, Lelaki tersebut menemukan sebuah lubang yang ada airnya didalam  semak-semak (grumbul), dari situlah akhirnya semak-semak (grumbul) dibersihkan/dibabat sampai lubang yang ada airnya tadi tampak jelas. Setelah bersih dari semak-semak (grumbul) akhirnya air tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk kebutuhan sehari-hari.

Maka masyarakat sekitar menyebutnya sumur, karena bentuknya berlubang kedalam dan ada airnya, dari Legenda tersebut yang dulunya ada Orang menebang pohon dari serpihan kayu (tatal) terbang ke awang-awang dan jatuh disemak-semak yang menimbulkan suara  seperti benda padat jatuh ke air.

Zaman dahulu penduduk sekitar menyebutnya MURKAWANG sebelum menjadi MERKAWANG sampai sekarang.

 

Demikian sejarah ringkas asal-usul Desa Merkawang yang melegenda di masyarakat sampai saat ini.  

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)